Tentang Kiamat

Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” (Al-A’raf: 187)
“Dan tahukah kamu (wahai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya?” (Al-Ahzab: 63)

Menu

world

Waktu terus berjalan

Rabu, 08 Desember 2010

Penanggalan Maya

Penanggalan Maya memang agak aneh dibanding kalendar yang dipakai di dunia maupun kalendar Indonesia, misalnya. Biasanya perhitungan hanya sepanjang satu tahun.

Maya, suku Indian Amerika Latin, memiliki tiga sistem kalendar yang dipakai bersamaan. Di satu kalendar, satu tahun memiliki panjang 265 hari, satu lagi 260 hari, dan satu lagi--disebut perhitungan panjang--akan berakhir pada 2012 itu.

 
http://www.pauahtun.org/Calendar/tools.html
Mayan Long Count

The Mayan Long Count is used to record dates over long periods of times. It is a permutation count, like the Calendar Round, based on the Mayan visegismal numbering system. It differs from the pure use of the Mayan mathematical system in that a count of 18, instead of 20, in the second place, gives a unit of 360 days, close to a year. The short month of 5 days is eliminated to preserve the pure cyclic nature of the count. The long count cycles are:
20 kins     equal     1 uinal or 20 days
18 uinals     equal     1 tun or 360 days
20 tuns     equal     1 katun or 7,200 days
20 katuns     equal     1 baktun or 144,000 days



Long counts inscribed on Mayan monuments consist of the cycles shown above, listed from top to bottom in descending order of length, each with a numerical coefficient specifying the number of each unit in the date. The sum of the number of days specified by this count yields the number of days passed since the beginning of the last Great Cycle. A great Cycle has a length of 13 baktuns. It is currently believed (according to the Thompson correlation) that the last Great Cycle began on 13 August 3114 BC (Gregorian calendar).

A long count of :
8 baktuns     or     1,152,000 days
11 katuns     or     79,200 days
15 tuns     or     5,400 days
3 uinals     or     60 days
18 kins     or     18 days


corresponds to 1,236,678 days since the close of the last Great Cycle. In the Calendar Round this corresponds to 5 Etznab 1 Zip. In articles where Long Count dates are given, you would see this date expressed in the shorthand notation 8.11.15.3.18. This date corresponds to Wednesday, July 9, 273 AD in the Gregorian calendar.

http://www.pauahtun.org/Calendar/Default.htm
Penanggalan perhitungan panjang itu memiliki unit:

1 hari = kin
20 kin = uinal
18 uinal = tun
20 tun = katun
20 katun = baktun
Lingkaran panjang=13 baktun

Bandingkan dengan penanggalan masehi yang lazim digunakan dunia saat ini yakni:

30/31 hari = bulan (kecuali Februari yang 28/29 hari)
12 bulan = tahun

Dengan perhitungan panjang itu, satu baktun memiliki panjang 144.000 hari atau sekitar 400 tahun. Saat ini penanggalan masuk baktun ke-13.

Dengan tanggal Maya, hari ini Rabu (18/11) adalah

12 baktun
19 katun
16 tun
15 uinal
11 kin.

Yang menjadi persoalan, sebagian ahli menyatakan penanggalan Maya hanya sampai pada baktun ke-13. Baktun ke-13 ini akan berakhir pada tanggal 20 Desember 2012.

Pada 20 Desember 2012 itu, penangalan Maya menjadi
12 baktun
19 katun
19 tun
17 uinal
19 kin.

Sehari berikutnya akan masuk baktun ke-14 yakni

13 baktun
0 katun
0 tun
0 uinal
0 kin

Sejumlah ahli, seperti dari badan antariksa Amerika Serikat, menyatakan bahwa pada penanggalan Maya akan mulai lagi pada tanggal 1. Tidak dijelaskan apakah masuk baktun ke-12 atau mulai lagi dari titik awal seperti beberapa ribu tahun silam atau masuk ke baktun ke-14.

Suku Maya sendiri, menurut Susan Milbrath, kepala bagian seni dan arkeologi Amerika Latin di Museum Florida, tidak menyebutkan dunia bakal berakhir jika baktun ke-13 ini selesai.

Spoiler for INI wujud Kalender Suku Maya:

http://grayluphrose.files.wordpress....-suku-maya.jpg
http://frdckp.files.wordpress.com/20...ng?w=400&h=376


Spoiler for Ada Yang NGerti Nga?? ini kalenderNya:

http://bayurimba.files.wordpress.com/2008/06/tzolk.jpg


Spoiler for SukuMaya:

http://foto.detik..com/images/conten...guatemala1.jpg
http://foto.detik..com/images/conten...guatemala3.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_Log1GlISD8...0/1022025p.jpg
http://asepcapoerista.files.wordpres...4/maya_500.jpg
http://www.cruiseweb.com/images/Dest...CCHU-PICCU.gif


Spoiler for Penjelasan "Apa itu kalender maya?":

Apa itu kalender Maya? Ini merupakan kalender yang disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Maya pada kisaran 250-900 M. Bukti kehadiran peradaban Suku Maya ini bisa dilihat dari sisa kerajaannya di hampir semua bagian selatan Meksiko, Guatemala, Belize, El Savador, dan sebagian Honduras.

Dari bukti-bukti sejarah, masyarakat suku Maya memang memiliki kemampuan menulis yang baik dan juga kemampuan untuk membangun kota dan perencanaan kota. Dalam hal membangun, Suku Maya terkenal dengan bangunan piramida dan berbagai bangunan besar lainnya. Tak hanya itu, dalam kebudayaan, peradaban suku Maya memberi pengaruh yang sangat besar pada kebudayaan Amerika Tengah. Pengaruh itu bukan hanya dalam hal peradaban namun juga dalam hal populasi pribumi di area tersebut. Sampai saat ini, sejumlah Suku Maya masih tetap ada dan meneruskan tradisi mereka yang telah berumur ribuan tahun itu.

Suku Maya dalam kehidupannya menggunakan beberapa kalender berbeda. Bagi mereka, waktu merupakan penghubung dengan lingkaran spiritual. Kalender memang digunakan untuk hal-hal praktis seperti untuk kehidupan sosial, pertanian, perdagangan dan berbagai keperluan administratif. Namun dipercaya ada elemen religi yang besar di dalamnya yang memberi pengaruh. Bagi suku Maya, setiap hari memiliki ruh pelindung yang berbeda sehingga setiap hari memiliki fungsi yang berbeda pula. Sangat berbeda dengan kehidupan modern dengan kalender Gregorian yang hanya menetapkan kalender sebagai waktu yang terkait dengan hal-hal administratif, kehidupan sosial dan keperluan ekonomi.

Kebanyakan kalender Maya memiliki rentang waktu pendek.

* Kalender Tzolk’in berakhir dalam 260 hari
* Kalender Haab’ memberi perkiraan 1 tahun Matahari yakni 365 hari.

Suku Maya kemudian menggabungkan kedua kalender ini membentuk “Calendar Round”, siklus yang akan berakhir setelah 52 Haab (sekitar 52 tahun atau kisaran panjangnya satu generasi). Di dalam “Calendar round” terdapat Trecena ( siklus 13 hari) dan Veintena (siklus 20 hari). Tampaknya, sistem siklus ini berlaku dengan mempertimbangkan jumlah hari dalam 52 tahun adalah 18980 hari.

Untuk bangsa Maya, sains dan agama adalah satu. Mereka membangun sistem matematika dan astronomi yang cukup impresif, terkait dengan kepercayaan mereka. Pencapaian dalam hal matematika bisa dilihat pada notasi posisi dan penggunaan angka nol. Dalam astronomi, mereka secara akurat menghitung tahun Matahari, melakukan kompilasi tabel posisi bulan dan Venus, serta memprediksi Gerhana Matahari. Suku Maya juga memiliki penanggalan untuk “siklus Venus” yang cukup akurat. Kalender Venus ini dibuat berdasarkan lokasi Venus di langit malam. Hal yang sama tampaknya juga dilakukan pada planet-planet lainnya.

Sistem “Calendar Round” ini memang sangat baik untuk mengingat hari kelahiran atau periode keagamaan. Namun, untuk merekam sejarah, kalender ini tak bisa dijadikan patokan karena tak dapat merekam kejadian yang lebih tua dari 52 tahun.


Spoiler for Apakah Suku Maya Masih Ada?:

Peradaban suku maya sudah hilang sejak abad 15 saat Hernan Cortez dengan 300 pasukan Spanyolnya masuk ke tanah amerika. Dia membakar semua peninggalan suku maya termasuk membantai suku Aztec dengan rajanya Montezuma.

Namun dari peninggal berupa kuil, meja altar dll, para ilmuwan bisa menerjemahkan beberapa kode termasuk kalender/penanggalan maya tentang akhir dari dunia ini (End of Time) dan beberapa kebudayaan yang sangat tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terjadinya Galaxy

PLANET X

PLANET NIBIRU

KEDATANGAN NIBIRU

Lubang Hitam